Kenali Ciri Gangguan Mental Karena Bermain Game Online

bermain game online
bermain game online

Kenali Ciri Gangguan Mental Karena Bermain Game Online ­– Ada tiga alasan mengapa seseorang senang bermain game daring, di antaranya yaitu bermain game untuk menghilangkan stres, bermain game untuk menghibur diri dan bersenang-senang serta bermain game untuk mengisi waktu luang.

Jika melihat game dari sudut pandang tersebut, maka bermain game tidak selalu berdampak buruk seperti anggapan orang kebanyakan. Akan tetapi, terlalu sering bermain game malah akan mengakibatkan munculnya kebiasaan buruk dan gangguang kejiwaan.

World Health Organizations (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan bahwa kecanduan bermain game atau yang disebut game disorder untuk pertama kalinya ditetapkan sebagai penyakit gangguan mental. Di dalam versi terbaru dari International Statistical Classification Of Diseases atau ICD-11 disebutkan bahwa kecanduan game adalah gangguan yang disebabkan karena suatu kebiasaan atau disorders due to addictive behavior.

Untuk memastikan apakah Anda termasuk orang yang mengalami gangguan mental karena bermain game online atau tidak, simak uraian berikut mengenai ciri-ciri kecanduan game online berikut.

READ  Kelebihan Black Desert Mobile, Menarik untuk Diketahui!

Menghabiskan Waktu Bermain Game Selama Berjam-Jam Setiap Hari

Idealnya, bermain game bisa dilakukan hanya dalam beberapa jam saja karena bermain game hanya merupakan aktivitas untuk sekadar mengisi waktu luang. Misalnya bermain game selama satu jam per hari atau cukup dimainkan saat weekend.

Namun ciri-ciri orang yang kecanduan bermain game bisa menghabiskan waktunya selama 10 sampai 14 jam per hari. Awal mula terjadinya kecanduan bermain game biasanya dimulai pada saat anak-anak serta akan menjadi lebih parah saat memasuki usia remaja. Pasalnya karena pada usia tersebut, kebanyakan orang menghabiskan waktunya di dunia virtual.

Pola Tidur Yang Berubah

Orang yang telah kecanduan bermain game online biasanya pola tidur mereka berbalik, pagi hari menjadi malam dan malam hari menjadi pagi. Biasanya orang yang kecanduan bermain game selalu bermain pada jam saat orang-orang sudah tidur  kemudian mereka akan tidur ketika orang-orang sibuk dengan aktivitas mereka.

READ  Hal Yang Harus Disiapkan Seorang Gamers Pemula Sebelum Bermain Game Online

Tidak heran jika terkadang, ada pecandu game yang akhirnya memutuskan untuk putus sekolah dan kekurangan vitamin D karena tidak sering terkena sinar matahari.

Berat Badan Tidak Seperti Biasanya

Saat kecanduan bermaun game makin parah, hal ini bisa berdampak pada kesehatan penderitanya, misalnya terjadi perubahan berat badan. Situasi itu disebabkan karena mereka sering melewatkan waktu makan atau hanya akan makan ketika sudah sangat lapar.

Ada juga beberapa penderita kecanduan game yang kelebihan berat badan karena tidak pernah berolahraga dan selalu mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Menjadi Moody Karena Emosi Yang Tidak Stabil

Emosi yang tidak stabil menjadi masalah umum lainnya yang diderita oleh para pecandu game. Misalnya ketika mereka tidak bisa bermain game karena hp mereka tiba-tiba disita oleh orang tua  saat sedang asyik bermain game maka pada saat itu mereka bisa berubah menjadi moody, marah, mudah tersinggung, bahkan bisa melukai dirinya atau orang lain.

READ  Mainkan Game Granny's House yang Penuh Ketegangan

Tidak Memiliki Minat Dengan Dunia Luar

Kebanyakan orang yang mengalami kecanduan bermain game tidak lagi memiliki minat dengan dunia luar, lebih memilih menghabiskan waktu sendiri daripada melakukan kegiatan sosial bersama teman ataupun keluarga.

Kondisi ini disebabkan karena di dalam game biasanya ada fitur yang disebut multiplayer yakni fitur dimana seseorang bisa bertemu dengan dunia virtual. Saat seorang pecandu menemukan teman yang dirasa cocok dengan dirinya, maka hal itu bisa menyebabkan mereka tidak lagi menaruh minat untuk bersosialisasi di kehidupan nyata.

Itulah tadi beberapa ciri dari orang yang kecanduan bermain game online, semoga artike ini bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

About the Author: Admin